Rabu, 11 Juli 2012

Dioda Zener

Semoga artikel tentang dioda zener ini bermanfaat . . .
Source :elektronikadasar.net


Dioda Zener

Dioda Zener adalah dioda yang memiliki karakteristik untuk menyalurkan arus listrik dalam rangkaian elektronika yang mengalir ke arah yang berlawanan jika terdapat tegangan yang melampaui batas tegangan zener. Ini lah yang membedakan zener dengan dioda biasa yang pada umunya hanya untuk menyalurkan arus listrik ke satu arah dalam rangkaian.
Dioda Zener berfungsi untuk menstabilkan arus tegangan searah (DC). Dioda ini biasanya di pasang dengan bentuk seri dalam sebuah resistor untuk mendapatkan sebuah sumber tegangan AC dengan cara pemasangan terbalik, maka output dari dioda ini akan di batasi sesuai dengan nilai yang terdapat pada bentuk fisik dioda tersebut.
Dioda Zener
Dioda biasa pada umumnya tidak akan mengalirkan arus listrik secara berlawanan jika catu daya di balik maka di bawah tegangan tersebut akan rusak. Jika kapasitas dalam tegangan melampaui batas tegangan operasional, dioda ini akan menjadi rusak di karenakan kelebihan arus listrik yang menyebabkan panas. Dalam proses catu maju, dioda ini akan memberikan teganan jauh sekitar 0,6 Volt yang biasa di gunakan untuk dioda silikon.
Agar tegangan dari dioda zener stabil, minimal sumber arus yang kita miliki harus lebih tinggi dari nilai yang tertera pada fisik dioda tersebut. Contohnya dioda yang memiliki kode HZ 6c2 akan dapat menghasilkan output stabil 6,2 volt. Tegangan 6,2 volt adalah tegangan break down, tegangan break down ini di rancang pada saat pembuatan.
Dalam sebuah dioda zener memiliki sifat yang hampir sama dengan dioda biasa, terkecuali dioda ini di buat dengan tegangan tembus yang jauh di kurangi atau biasa kita sebut dengan zener. Sebuah zener memiliki p-n juction yang memiliki droping berat, yang dapat memungkinkan elektron untuk tembus dari pita valensi.
Dioda tersebut dapat kita gunakan secara luas dalam sirkuit elektronik. Fungsinya adalah untuk menstabilkan tegangan pada saat di sambungkan secara paralel dengan sebuah sumber tegangan yang berubah ubah. Dioda juga di gunakan sebagai regulator tegangan shunt sehingga tegangan akan di batasi sampai ke sebuah angka yang telah di tetapkan.
Demikian penjelasan singkat tentang Dioda Zener, semoga dioda ini bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Elektronika dan Elektronika Digital

ads

Ditulis Oleh : Mas Agus Hari: 08.08 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar